Sabtu, 22 Desember 2012

Coretan Abdillah


Famine
( Kelaparan )
Kelapran adalah keadaan dimana perut seseorang kosong atau tidak terisi apapun karena sebab tertentu. Kemiskinan dapat diakibatkan oleh beberapa faktor diantaranya kemiskinan, kekeringan. Kemiskinan menyebabkan seseorang tidak dapat membeli bahan pokok,  sehingga akan mengakibatkan kelaparan. Kekeringan juga dapat menyebabkan kelaparan. Apabila daerah tertentu mengalami kekeringan dan mengakibatkan tidak ada tumbuhan yang dapat hidup di daerah tersebut. Hal ini menyebabkan orang yang berada di daerah tersebut mengalami kelaparan. Bila kelaparan tidak ditangani dengan serius dapat mengakibatkan gizi buruk, kecerdasan menurun, dan dapat berujung pada kematian.
Indonesia terkenal dengan negara agraris. Sebagian besar masyarakat Indonesia bermata pencaharian sebagi petani. Indonesia juga dikenal sebagi zamrud khatulistiwa karena daerahnya berada di sekitar garis khatullistiwa. Ditinjau dari segi wilayah Indonesia adalah negara yang subur, ketersediaan air berlimpah,dan disinari cahaya matahari yang cukup. Saking suburnya tanah di Indonesia ada syair lagu yang mengatakan “ orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman”
Tapi realitanya sekarang adalah Negara yang subur ini masyarakatnya masih ada yang kelaparan.hal ini sungguh sangat ironis karena Indonesia yang subur ini masih ada masyarakatnya yang kelaparan. Bahkan Indonesia masih mengimpor beras dari Thailand.
Solusi dari masalah tersebut adalah
1.       Kelaparan disebabkan karena berkurangnya lahan pertanian. Lahan – lahan pertanian yang sudah ada harus di intensifkan hasilnya. Sedangkan lahan – lahan yang kosong perlu diaktifkan kembali supaya menjadi lahan produktif.
2.       Dengan menanam dengan  varietas unggul. Dengan menanam varietas unggul hasil panen akan lebih baik, kuantitas dan kualitas hasil panen lebih baik, waktu untuk memanen lebih singkat ( biasanya panen 1 tahun 3x bisa menjadi 4x )
3.       Mengatasi masalah kemiskinan. Karena penyebab masalah kelaparan adalah kelangkaan hasil pangan dan kemiskinan.
4.       Diversivikasi makanan, dengan diversivikasi makanan maka masyarakat tidak tergantung pada 1 bahan makanan pokok.

Abdillah  Azis
Siswa SMAN 1 SLEMAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar