Sabtu, 22 Desember 2012

Coretan Abdillah


Wacana tentang Kemacetan
                Dewasa ini dampak globalisasi semakin terasa di setiap sendi kehidupan kita. Termasuk dalam bidang transportasi. Banyak produsen kendaraan bermotor yang masuk di pasar Indonesia. Tidak lagi di dominasi Yamaha Honda dan Suzuki tetapi juga ada Hyundai kia bajaj dan tvs dan masih banyak lagi. Hal ini menimbukan dampak positif yaitu inovasi di bidang barang produksi.
                Namun ada juga dampak negatif yaitu bertambah macet kondisi di jalan raya. Hal ini menimbulkan kerugian masalah waktu biaya polusi dan masalah kesehatan. Bila dipandang secara obyektif ada 3 pihak yang mepegaruhi kondisi kemacetan di jalan raya. 1 produsen kendaraan bermotor. 2. Konsumen. 3. Pemerintah
                Menurut saya produsen dalam hal ini hanya sebagi penyedia barang. Mereka hanya berfikir untuk memperoleh keuntungan sebanyak – banyaknya. Pemerintah sebagai regulator. Konsumen sebagai penikmat dari barang dan jasa.
                Untuk mengatasi masalah ini apakah akan lebih indah apabila dari pihak produsen ikut menghijaukan bumi Indonesia dengan cara menanam satu pohon setiap satu unit kendaraan bermotor yang terjual. Dari sisi pemerintah, pemerintah perlu membangun kembali fasilitas transportasi umum. Dengan fasilitas transportasi umum yang baik maka dari pihak konsumen akan lebih senang menggunakan transportasi umum daripada kendaraan pribadi. Di pihak konsumen sebaiknya melakukan efisiensi dalam penggunaan kendaraan supaya tidak terjadi kemacetan.

Abdillah  Azis
Siswa SMAN 1 SLEMAN



Tidak ada komentar:

Posting Komentar