Rabu, 14 September 2011


Bab IV
PENUTUP


Para pembaca yang budiman kiranya hanya ini yang dapat kami susun dalam karya tulisan ini. Sebelumnya, kami mohon maaf apabila kami tidak dapat menjelaskan tentang pulau bali secara lengkap dan jelas. Tetapi kiranya pembaca maklum, bahwasannya pengetahuan kami memang masih sangat kurang. Penulis menyadari bahwa tanpa adanya fasilitas, baik sarana dan prasarananya serta bimbingan dari para pembimbing yang selama kami melaksanakan study wisata niscahya kami tidak dapat dapat menyelesaikan karya tulis ini. Untuk itu, kami tak lupa mengucapkan banyak terimakasih kepada bapak/ibu pembimbing dan semua yang telah membantu dalam penyusunan karya tulis ini.
Seperti apa yang telah dikemukakan di atas, bahwa dalam penyusunan laporan karya tulis ini masih jauh dari sempurna dan banyak kekurangan baik isi maupun penyusunan. Sejauh ini, penulis mengharapkan semogadari uraiandi atas dapat sedikit memberikan gambaran perihal study wisata. Dengan segala kerendahan hati, kami mengharapkan saran dan kritik dari para pembaca yang sifatnya membangun.

A. Kesimpulan
Dalam kegiatan study tour ini kita dapat meningkatkan pengetahuan kita dalam bidang kepariwisataan khususnya. Kita juga dapat mempelajari keadaan geografis, keadaan sosial ekonomi, kebudayaan dan adat istiadat.
Perlu kita ketahui bahwa keindahan dan kebudayaan perlu kita pertahankan dan lestareikan. Hal ini dapat dibuktikan, yaitu Pulau Blai adalah pulau terindah di Indonesia. Sampai sekarang ini Pulau Bali tetap mempertahankan keindahan dan kebudayaannya. Pulau Bali selalu menarik para wisatawan domestik maupun mancanegara.
Setelah kami melakukan study wisata di Pulau Bali, kami dapat mengambil kesimpulan :
  1. Pulau Bali merupakan pulau yang kaya akan obyek wisata dan hasil kerajinan.
  2. Sebagian besar penduduk Bali menganut agama Hindu Dharma
  3. Hubungan sosial masyarakat Bali sangat erat sekalipun dalam menjalankan ibadah agama.

B.SARAN

  1. Guru/Pembimbing
  • Para pembimbing seharusnya tanggap terhadap keadaan para siswa serta dapat memimpin dengan baik.
  • Para pembimbing seharusnya lebih tegas dalam menegakkan aturan kepada semua peserta study tour.
  • Para pembimbing sebaiknya lebih kompak dalam menjalankan tugasnya tidak malah mempertahankan pendapatnya sendiri.
  1. Biro Perjalanan
  • Dalam mengatur jadwal perjalanan sebaiknya direncanakan matang-matang, obyek mana yang harus didahulukan dan mana yang harus belakangan.
  1. Rekan-rekan
  • Sebaiknya rekan-rekan lebih sopan dalam segalanya terutama dalam hal berpakaian karena walaupun ini acara wisata namun ada ikatan resminya.
  • Rekan-rekan sebaiknya juga lebih mentaati segala aturan yang telah ditetapkan agar kegiatan dapat berjalan lebih lancar.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar