Senin, 08 Agustus 2011

KEPALA SEKOLAH BERPRESTASI BISA JABAT TIGA PERIODE


Jumat, 05 Agustus 2011 13:34 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN - Guru yang mendapat tugas sebagai kepala sekolah di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta bisa menjabat sampai tiga periode jika mampu menunjukkan prestasi istimewa.

Bupati Sleman Sri Purnomo, Jumat, mengatakan, jika mengacu Keputusan Mendiknas nomor 28/2010 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah/Madrasah maksimal hanya dua periode berturut-turut masing-masing periode empat tahun.

"Namun Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Peraturan Bupati nomor 86/2009 tentang Pedoman Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah, pengaturan tugas kepala sekolah di Kabupaten Sleman memungkinkan untuk kepala sekolah ditugaskan selama tiga kali periode berturut-turut dengan catatan kinerja kepala sekolah yang bersangkutan harus amat baik," katanya saat melantik 174 Kepala Sekolah SD, SMP dan SMA/SMK di Sleman.

Menurut dia, peraturan Bupati nomor 86/2009 baru dapat diimplementasikan pada tahun ini karena memerlukan persiapan khususnya dalam peningkatan kapasitas kepala sekolah.

"Dengan demikian tugas tambahan kepala sekolah ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas kepala sekolah, memotivasi kinerja sekolah, pemerataan kualitas pendidikan serta untuk mengevaluasi kinerja kepala sekolah itu sendiri," katanya.

Ia mengatakan, pelaksanaan periodesasi masa tugas kepala sekolah di Kabupaten Sleman ini masih dilakukan secara bertahap. "Setiap guru memiliki kesempatan yang sama untuk mendapat tugas tambahan sebagai kepala sekolah asalkan memenuhi kriteria yang disyaratkan peraturan perundang-undangan," katanya.

Sri Purnomo mengatakan, komponen evaluasi bagi seorang calon kepala sekolah dan kepala sekolah adalah faktor akademik/pedagogik, kepribadian, sosial dan kepemimpinan.
"Keempat faktor tersebut menjadi dasar evaluasi yang menentukan apakah seseorang layak menjadi kepala sekolah. Kinerja kepala sekolah jika diakumulasikan menjadi ukuran kinerja pendidikan," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar